Home | Daftar Isi | Video Outdoor | Sewa Alat Outdoor | Jual Alat Outdoor | Jasa Training Outdoor | Donasi Anda | Ikut Suka Sapujagat Cikarang
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Survival | Panjat Dinding | Teknik Dasar KPALH | Observasi Alam Lingkungan | Program Penghijauan | Hutang Gunung | Flora Fauna | Diving & Traveling

Selasa, 04 September 2012

Mengenal Pohon Sapujagat

Hampir-hampir saya lupa lagi bagaimana bentuk pohon Sapujagat. Generasi dibawah saya, ketika saya tanya apakah tahu bagaimana bentuk/rupa pohon sapu jagat, mereka tidak tahu. Kalau mendengar pernah namun bentuknya seperti apa mereka belum pernah melihat.


Ada kisah tak terlupakan yang saya alami terkait pohon Sapujagat. Suatu hari, sekitar tahun 1990an, saya masih Sekolah Dasar, pada saat saya menggembala Sapi, pernah membuat tato di tangan kanan saya dengan menempelkan daun Sapujagat yang sudah dikerok. Saya tempelkan 2 helai daun.

Rasanya panas, kemudian setelah beberapa menit kulit yang ditempeli daun Sapujagat gosong, maka jadilah sebuah bekas luka yang saya namakan tato. Sejalan dengan berlalunya waktu, kini 2012, bekas luka itu menghilang dan terganti dengan kulit kembali.

Inilah bentuk dan rupa pohon Sapujagat.



3 komentar:

  1. trus ka saya kan juga waktu sd prnah pakai tuh sapu jagat cuman masih ada tapak tapaknya sih sedikit itu kalau buat di tes psikotes bisa lulus ga yah yang bertato tato sapu jagat gitu...

    mohon infonya ka..??

    BalasHapus
  2. tlong ksih info dong dmn saya bsa mndptkn tmbuhan sapu jagad soalnya di daerah saya sdh jarang atw sdh gk ada,saya asli subang 089668391730,,mau sya gunakan untuk pnykit vitiligo

    BalasHapus